Tuesday, 16 February 2016

4 Cara Ini Akan Bikin Mie Instan-mu Makin Sehat




Kamu suka mie instan ?

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan seporsi mie instan hangat yang tersaji di depan mata. Apalagi kalau cuaca sedang hujan. Makan yang hangat-hangat pasti jadi terasa makin asyik. Tanpa perlu keluar rumah, belanja online mudah di MatahariMall juga bisa membuat persediaan mie instan di dapurmu kembali siap disantap.
Banyak anggapan kalau mie instan adalah jenis makanan yang tidak sehat. Kendati demikian, anggapan tersebut bisa ditepis kalau kamu memasak mie instan dengan 4 cara ini lho.

Membuang Air Rebusan Pertama
Pakar nutrisi Indonesia, Sari Sunda Bulan menyatakan bahwa membuang air rebusan pertama mie instan dapat meminimalkan bahan pengawet pada sajian mie. Karena biasanya air rebusan pertama mengandung zat-zat pengawet yang lepas saat proses perebusan.
Jadi, untuk membuat mie instan kuah sebaiknya kamu membuang air rebusan pertamanya terlebih dahulu, ya. Gunakan air rebusan kedua sebagai kuah mie. Air rebusan kedua pasti lebih sehat dan lebih jernih.

Bagaimana dengan Bumbu Mie Instan?
Rahasia kelezatan mie instan yang legendaris jelas ada pada bumbunya. Sayangnya, bumbu tersebut mengandung kadar garam yang tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan. Solusinya, gunakan setengah porsi bumbu saja untuk mie instanmu. Tak perlu khawatir dengan rasanya. Karena rasanya pasti tetap enak. Dan yang paling penting, pasti lebih sehat lho.

Sebaiknya Tak Disantap dengan Nasi
Makan mie instan dengan nasi supaya kenyangnya lebih mantap. Hal ini terdengar lumrah, ya. Tetapi mie instan sendiri sudah mengandung jumlah kalori yang cukup tinggi. Jika dipadukan dengan nasi, tentu total kalorinya akan menjadi semakin banyak. Gunakan bahan pelengkap lain yang lebih sehat untuk membuat mie instan jadi terasa mengenyangkan.

Tambahkan Aneka Jenis Bahan Pelengkap
Aneka jenis bahan pelengkap seperti sayuran, bakso sapi, udang, telur atau daging ayam memang menjadi padanan yang tepat untuk mie instan. Selain memperkaya citarasanya, bahan pelengkap tersebut akan memberikan asupan gizi yang baik untuk kebutuhan gizi harian bagi tubuhmu. Jenis sayuran yang bisa kamu pilih sangat beragam, mulai dari sawi hijau, kol, kembang kol, brokoli, hingga potongan daun bawang.







Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi deh kalau mau menyantap mie instan. Sesekali menyantap mie instan dengan cara yang tepat, kesehatanmu pasti tidak akan terganggu. Selamat menikmati semangkuk mie instan hangat nan lezat!



5 comments:

  1. Aku doyaaan banget sama mie goreng. Saking doyannya dan sering makan, aku skrg membatasi diri cuma makan mie hanya boleh di tanggal 1

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. aku kadang masih curi-curi makan indomie mba. hehehe. walau kata itu salah satu pantangan bagi survivor, tapi aku tidak bisa menutup mata dengan kelezatannya heheh. sesekali aja kok mba

    ReplyDelete