Thursday, 20 August 2015

Wisata Cilacap ke Benteng Pendem

Exif : Canon 60D, Setting AV, iso-400, f//7.1, 1/640sec, 17-40mm

Ya ampun lama banget ga posting-posting...keasikan liburan, sibuk ke rumah sakit buat terapi dan sibuk ngurus rumah sama pepotoan hahaha...
Ini sih sebenarnya cerita pas liburan lebaran 2015 kemarin waktu mudik ke kampung suami di Cilacap. Sering liat benteng ini tapi ga pernah masuk hehehe....akhirnya kemarin ngajak suami dan anak ke benteng ini....

Benteng Pendem berlokasi dipinggir Pantai Teluk Penyu Cilacap, berdekatan dengan kilang minyak PT. Pertamina RU IV...jarak dari rumah ke sini kira-kira 30 menitan..
Kita jalan-jalan ke benteng pas tanggal 18 Juli 2015, pas banget masih liburan lebaran wal hasil benteng penuh banget...berasa kayak mau wisata ke kebun binatang...mungkin karena liburan dan hiburan di Cilacap cuman itu-itu aja jadinya ya rame deh...

Oh iya...buat masuk ke benteng ini kita masuk dulu ke area Pantai Teluk Penyu,,,dan harus membayar retribusi sebesar Rp.5.000/orang, mobil kena tarif sama Rp.10.000...nanti ada petunjuk menuju Benteng Pendem. Untuk tiket masuk ke benteng juga relatif masih murah, kisaran Rp.5.000/orang.

Sewaktu masuk ke dalam benteng...kita bukannya ngikutin petunjuk arah pintu masuk..wkwkkw...malah lewat jalur orang keluar..hahaha
Berikut denah Benteng Pendem...sungguh disayangkan...tiang denah dipake buat ngiket atap dadakan orang jualan..jadi berkesan kurang rapih.


Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, Exposure +3, f/7.1, 1/500sec, 17-40mm
Benteng Pendem Cilacap (bahasa Belanda: Kustbatterij op de Landtong te Cilacap), adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1861. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektare secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986. (Sumber Wikipedia)

Exif : Canon 60D, Setting AV, iso-500, f/4, 1/2000sec, 17-40mm

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-500, f/6, 1/640sec, 17-40mm

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, f/6.3, 1//400sec, 17-40mm

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, f/7.1, 1/30sec, exposure +3, 17-40mm
 Katanya...katanya ya..,masih simpang siur...terowongan yang ada di area benteng dan Pertamina...ada terowongan yang tembus ke pulau Nusakambangan...tapi masih hosip ya...karena belum tau juga sih...aku diceritain aja sama suami...ini masih jadi pertanyaan.

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, f/7.1, 1/800sec, exposure +3, 17-40mm

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, f/7.1, 1/100sec, exposure +3, 17-40mm

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, f/6.3, 1/250sec, exposure +3, 17-40mm

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, f/7.1, 1/1600sec, exposure +3, 17-40mm
 Parit ini mengelilingi benteng

Exif : Canon 60D, setting AV, iso-400, f/7.1, 1/400sec, exposure +3, 17-40mm

Selain benteng, ada juga area bermain anak, kayak perosotan, ayunan, buat manjat-manjat, ya semacam kayak mainan di taman kanak-kanak deh..disini anak saya seneng banget maen kayak gitu..




oh iya...disini juga ada yang jualan oleh-oleh...oleh khas Cilacap, kayak assesories gitu,,gelang, hiasan buat di rumah dan lain-lain...kalo beli jangan lupa nawar ya,,hihihi..

Kata aku mah...klo jualan ato dagang makanan di dalam benteng perlu di bikin area khusus...biar ga kesannya ga rapih...sayang kan tempat bersejarah malah ga asik dan ga rapih....

Selamat jalan-jalan...





0 komentar:

Post a Comment