Wednesday, 29 October 2014

Terapi Masih Panjang

Kenapa saya beri judul Terapi Masih Panjang....iya..terapi saya masih panjang...tidak dengan penyakit lainnya...penyakit kanker butuh kesabaran dan keikhlasan eksta...sejak divonis, metastase sampai sekarang, terapi saya masih berjalan, terapi berhenti sampai kanker dalam tubuh sudah terkontrol...

Hasil dari Pet Scan Pertama bulan Juni 2014, yang menyatakan tulang dan hati saya sudah terkena kanker, menyebabkan saya harus diterapi kembali, mulai sinar tulang, infus tulang dan berganti obat. Selesai sinar saya diharus menggunakan penompang tubuh/badan, untuk menyangga tulang belakang saya, kata dokter alat ini dipake karena tulang habis disinar akan keropos/rapuh, sedangkan ditulang punggung/belakang banyak sekali saraf, alat ini untuk menjaga agar saraf tidak kejepit atau tulang tidak patah. Alat ini sampai sekarang masih saya gunakan, walo kadang bandel salah satu ga dipake.

Brace (terbuat dari besi)

Korset yang rangkanya terbuat dari besi

Kalo ke RS Dharmais saya selalu menggunakan alat diatas, transportasi umum yang saya gunakan adalah Busway...kenapa saya milih Busway...ga pake Taxi aja gitu.... Saya milih Busway karena naek Busway ga macet, cepet sampe, berbeda dengan Taxi enak sih adem, duduk, tapi bisa berjam-jam sampai rumah sakit, sedangkan di rumah sakit belum antri untuk dokter, belum antri untuk tebus obat, belum antri untuk lainnya.

Banyak kejadian macam-macam di Busway...berbagai macam karakter orang, ada yang nyinyir liat saya karena pake alat ini, ada yang cuek... alhamdulillah kadang masih ada orang yang baik dan tau kalo pake alat ini berarti lagi sakit, dan dapatlah duduk....malah kadang petugas Busway ga pernah nyarikan saya duduk...Sampai suatu ketika, kejadian pertama di bis jurusan mau ke Kuningan, saya sudah cape berat, kaki pegal banget, udah ga tahan berdiri, saya mintalah duduk sama petugas, dan dijawab petugas "Ibu hamil?"... jreng....walhasil saya berdiri dengan kaki kesemutan....kejadian kedua...saat pagi-pagi di halte Ragunan, saya ikut antrian ibu hamil, orang cacat dan lansia... petugas wanita langsung nanya saya "Ibu hamil?"... ohhh...nasib...apakah hanya orang hamil yang boleh antri disini...beginilah Indonesia...sempet terpikir klo sampe petugas wanita itu melarang saya dan memaki-maki saya...saya akan poto mukanya dan id card nya dan saya adukan ke bagian customer service...(hehehe lagi esmosi pisan iyeu mah)...tapi untungnya ada ibu-ibu yang simpati ya..simpati karena saya pake alat itu dan saya kasih tau saya sakit kanker...

3 Bulan berjalan setelah terapi diatas, kemudian dilakukan cek penanda tumor dalam darah, Ca 15-3 dan cek fungsi hati...hasil ini membuat saya down dan mengejutkan... Ca 15-3 saya diatas 4000, dan fungsi hati 3x diatas normal. Saya biasa melakukan cek darah di RS Dharmais, dan kemarin saya cek di Prodia, sempat pikirian agak mencurigai Prodia...hasilnya tinggi banget, apa ada kesalahan dalam hasil, seperti input data atau lainnya. Langsunglah saya konsul kembali ke Dr. Bayu Brahma, dan...saya dirujuk kembali untuk Pet Scan Kedua.

Bulan September 2014 saya kembali melakukan Pet Scan Kedua, hasilnya...menguras air mata kembali...ada metastase baru di tulang dan benjolan di hati bertambah ukurannya. Dirujuk kembali lah saya untuk sinar tulang diarea metastase baru dan untuk kemo.

Sinar tulang baru ini ada di dua titik, di tulang punggung dan pinggul sebelah kiri. Bersiap-siap kembali untuk di kemo...kalo memang harus banget di kemo..secara hatinya kemarin lagi galau hehehe...maksudnya fungsi hatinya lagi jelek.
Obat Femara diganti dengan Aromasin...dan obat Zometa diganti dengan Bondronat.

Bismillah...saya ingin sembuh...




7 comments:

  1. Salam kenal Mba,

    Tersentuh baca tulisannya. Ibu saya ada masalah tulang belakang kejepit tapi karena dia semangat ingin sembuh sekarang keadaannya jauh lebih baik.

    Gak kebayang beratnya perjuangan untuk sembuh, semoga di saat-saat sulit selalu dikuatkan kepercayaannya oleh orang-orang terkasih. Saya turut doakan.

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf mbak, saya tidak bermaksud promosi, tapi mbak mungkin bisa coba #Lutena. Ada teman saya, ayahnya kanker tulang, sampai tidak bisa bergerak lagi. Dokter sudah angkat tangan. Akhirnya anaknya memberikan Lutena, qadatullah.... sekarang sudah mulai belajar jalan. Bisa tanya via wa saya mbak 085272181488 atau bbm 75AF1672. Sekali lagi,sy nggak maksud promosi. Saya baca tulisan mbak dr link yg di share Vivi di fb nya. Semoga cepat sembuh ya mbak :)

    ReplyDelete
  3. Bismillah ya Mbak...Allah pasti mendengar semua doa kita.

    ReplyDelete
  4. Peluuuk mb deass..moga Allah segera mengangkat penyakitnya..

    ReplyDelete
  5. Ba deasy mau tanya efek minum xeloda bgmn? Apakah sama spt kemo infus?

    ReplyDelete
  6. Apakah dr awal cek darah fungsi hatinya diatas normal? Sy ca mammae dan suspect meta hepar. Hsl darah sy fungsi hati normal tp tumor marker 63. Dpt resep xeloda utk 14 hari. Kita prnh ngobrol d inbox fb

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete