Sunday, 8 December 2013

Dadar Gulung Mawar Perdana


Hari minggu...selesai olah raga ke UI....langsung bikin darlung ini....rencananya darlung ini buat ntar sore arisan komplek rumah....biasa klo arisan kan masing-masing harus bawa konsumsi sendiri-sendiri, ntar disana baru deh barter makanan hehehhe...

Kepincut sama darlung ini karena bentuknya....dan sudah lama pengen banget bikin ini....dan dapatlah resep dari blog mba Nina....baru bisa dieksekusi resepnya hari ini....

Mari disimak resepnya....

DADAR GULUNG MAWAR
By. Mba Nina

Bahan Dadar :
250 gr tepung terigu serbaguna
1/2 sdt garam
1 butir telur, kocok lepas
600 ml air (saya pake 650 ml)
1 sdm minyak goreng (saya ganti pake margarin)
1 sdt pasta pandan
1 sdt pasta strawberry (saya ganti pewarna merah)

Cara Membuat Dadar :
- Campur tepung terigu dan garam, buat lubang di tengahnya, kemudian tuang telur. Aduk dengan menggunakan whisker.
- Tuang air sedikit demi sedikit, hentikan pemberian air bila dirasa sudah pas kekentalannya dan tambah air sedikit demi sedikit bila dirasa kurang encer.
- Saring adonan, kemudian masukkan minyak goreng. Aduk rata.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian, kemudian beri pewarna atau pasta. Aduk rata
- Panaskan wajan dadar anti lengket, tuang 1 sendok sayur ke dalamnya. Masak hingga matang. Lakukan hingga habis.

Bahan Inti Kelapa :
1/2 butir kelapa parut memanjang
2 gelas air
150 gr gula merah, sisir halus
50 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat Inti Kelapa :
- Masak air bersama gula merah, gula pasir dan garam hingga mendidih dan gula larut.
- Masukkan kelapa parut. Aduk terus hingga air habis (teksur kelapa tetap basah dan tidak kering).
- Siap digunakan.

Penyelesaian :
- Siapkan dadar, kemudian bagi/kerat menjadi 6 bagian sama besar, ingat jgn sampai putus
- Taruh inti kelapa ditengahnya, kemudian ambil satu sisi, tutup intinya membentuk kuncup
- Ambil kembali bagian sisi lainnya, denngan cara melipat ujung dadar ke sisi dalam, kemudian bentuk kelopak bunga, sematkan ujungnya kebagian bawah, lakukan sampai habis
- Untuk daun, potong dadar warna hijau sesuai selera, taruh dikertas cup kemudian di atasnya taruh darlung mawar tadi.


Semoga penyelesaiannya ga bikin binun ya...hehehhe....tadi mau dipotoin tapi tangan blepotan sama minyak dan inti kelapa....jd keburu lewat aja motonya.....

Selamat mencoba

10 comments:

  1. Salam kenal, mbak. Saya Ani dari Garut, mampir ah mau tahu resepnya.
    Kreatifnya ... dan cantik sekali, jadi sayang mau makannya juga hehe ...

    ReplyDelete
  2. cantik bgt, n telaten sekali. jempol deh. salam kenal mak, dkasi sepiring juga mau :D

    ReplyDelete
  3. mupeng banget pingin coba mak,....cantik nian nih kue...mau makan jd sayang...

    ReplyDelete
  4. Ini gimana cara "mlintirin" nya biar ga robek ? Atau adonannya udah anti robek ya ? hihihi

    ReplyDelete
  5. Cantiknyaa, iya biar gak robek gimana ya? setahuku hasil dadar tuh tipis dan lembut banget. Ah, tapi coba ahhh ^^

    ReplyDelete
  6. cantik sekali. emm, motong yg enam bagian itu gimana? apa motongnya kayak motong ptza atau begimana? :)

    ReplyDelete
  7. Agustina : iyah mak enak...rasa dadar gulung hehehe
    Ani rose : salam kenal juga mak...terima kasih sdh mampir....hehehhe dipajang aja apa ya
    Omah Nuhy : mksh mak....yah telad...sudah abis darlungnya mak
    Irowati : mksh mak....cantik kyk yg bikinnya...*loh
    Ratna Amalia : xixixix...mlintirinnya dg perasaan mak...insa allah ga robek...klo ketebelan kulitnya yg malah robek
    Helda : mksh mak...iyah mak...malah bagus yg tipis...
    Uwien Budi : mksh mak...iyah,,,kyk pizza tapi jgn putus biarkan ditengahnya

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mbak, wuih langsung terkiwir nih mbak... langsung coba deh.. tp bentuknya blum secantik itu... hehe

    ReplyDelete